Cara Mengatasi Sakit Saat Menelan Sesuai Penyebabnya




Sakit waktu menelan dapat mengisyaratkan beberapa situasi penyakit Sakit waktu menelan dapat dikarenakan oleh beberapa hal, dari mulai radang tenggorokan, infeksi jamur, sampai yang terberat, kanker. Hingga waktu situasi ini ada, langkah menyembuhkannya juga dapat tidak sama, bergantung dari pemicunya.

Walau demikian, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menurunkan rasakan sakit itu untuk sesaat waktu sebelum sumber penyakit dapat hilang seutuhnya. Dari mulai langkah alami sampai obat dokter, Anda bisa pilih yang di rasa paling pas sesuai dengan situasi.

Dalam bahasa klinis, sakit waktu menelan diketahui dengan arti odynophagia. Situasi ini tidak sama dari dysphagia yang disebut panggilan untuk situasi susah menelan. Orang yang alami odynophagia belum pasti alami dysphagia, begitu juga sebaliknya.

Langkah menurunkan rasakan sakit waktu menelanAda banyak langkah yang dapat Anda coba untuk menurunkan rasakan sakit waktu menelan. Dari mulai obat sampai langkah alami, di bawah ini cara yang dipandang baik.

1. Memakai antibiotik serta obat kumurJika rasakan sakit itu ada sebab infeksi bakteri pada tenggorokan atau tonsil, karena itu dokter bisa memberi resep antibiotik untuk meredakannya.

Dokter dapat memberi resep obat kumur spesial yang bisa membuat tenggorokan kebas untuk sesaat waktu, hingga semakin gampang buat Anda untuk menelan obat antibiotik yang diberi.

2. Memakai antasidaAntasida atau obat untuk mentralisir asam lambung dapat dikonsumsi jika rasakan sakit waktu menelan yang Anda rasakan dikarenakan oleh naiknya asam lambung. Obat ini ada dengan cara bebas di apotek.

Tetapi, bila ini telah berulang-kali berlangsung serta tidak surut sesudah Anda konsumsi obat bebas, karena itu kini waktunya Anda memeriksa diri ke dokter. Dapat jadi, masalah lambung yang dirasakan telah akut serta membutuhkan obat spesial yang cuma bisa didapat melalui resep dokter.

3. Konsumsi obat antiinflamasiObat-obatan antiinflamasi kelompok non-steroid seperti ibuprofen dipandang efisien untuk menolong redakan bengkak di mulut, tenggorokan, atau jalan makanan. Waktu bengkak menyusut, karena itu rasakan sakit waktu menelan berangsur lenyap.

4. Memakai semprotan tenggorokanSemprotan tenggorokan dapat dipakai untuk menolong menurunkan rasakan sakit sesaat waktu. Bahan yang terdapat di semprotan itu bisa membuat tenggorokan kebas, hingga akan kurangi rasakan sakit waktu menelan.
5. Berkumur dengan air garam hangatUntuk membuat air garam, larutkan 1 sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Kemudian, kumur-kumurlah memakai air itu sampai ke tenggorokkan, tetapi jangan ditelan. Cara ini dipandang bisa menolong kurangi ngilu serta lebam di tenggorokan.

6. Memperbanyak mengonsumsi minuman hangatMengonsumsi minuman hangat seperti air putih hangat, teh, atau air jahe bisa menolong kurangi bengkak serta ngilu di tenggorokan. Untuk meningkatkan rasa serta faedah minuman itu, Anda dapat juga mencampurkan madu ke dalamnya.

7. Mandi dengan air hangatUap air yang keluar waktu Anda mandi memakai air hangat bisa membantu redakan rasakan sakit waktu menelan. Karena waktu dihirup, uap hangat itu bisa menurunkan bengkak yang berada di jalan napas.

Pemicu sakit waktu menelanAgar dapat semakin pahami situasi sakit waktu menelan, karena itu Anda perlu pahami beberapa pemicunya. Dengan demikian, Anda dapat ambil langkah yang semakin pas waktu tanda-tanda ini mulai berasa. Di bawah ini gangguan-gangguan yang penting dicermati untuk pemicu rasakan sakit waktu menelan.

• Pilek serta fluRasa sakit waktu menelan dapat ada untuk salah satunya tanda-tanda pilek serta flu. Umumnya situasi ini akan memulai dirasa beberapa waktu sebelum batuk serta lendir di hidung ada.

• RadangRadang yang berlangsung di tenggorokan, tonsil, pita suara, serta organ-organ di sekelilingnya dapat membuat Anda berasa sakit waktu menelan. Karena, infeksi yang berlangsung membuat jaringan membesar serta mengalami iritasi, hingga makanan bertambah sulit melalui waktu ditelan.

• Infeksi tenggorokanRasa sakit waktu menelan adalah salah satunya tanda-tanda infeksi bakteri di tenggorokan. Tidak sama dari pilek serta flu, infeksi ini tidak menyebabkan munculnya batuk serta lendir atau bersin-bersin.

Kecuali sakit di tenggorokan, infeksi ini umumnya diikuti dengan demam serta bengkak kelenjar getah bening di leher. Sebagian orang yang alami situasi ini berasa mual serta seringkali muntah.

• MononukleosisMononukleosis ialah penyakit yang dikarenakan oleh virus Epstein-Barr. Kecuali memunculkan rasakan sakit waktu menelan, munculnya penyakit ini umumnya dibarengi dengan demam, bengkak tonsil serta kelenjar getah bening, dan ngilu otot.

• GERDGERD atau gastroesophageal reflux disease ialah masalah lambung yang membuat asam lambung seringkali naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ini akan memunculkan beberapa merasa tidak enak di mulut, mual, susah menelan, serta rasakan sakit waktu menelan. Tanda-tanda GERD yang lain yang ciri khas ialah timbulnya heartburn atau ngilu ulu hati.

• Infeksi jamur tenggorokanInfeksi jamur di tenggorokan biasanya dikarenakan oleh jamur candida. Situasi ini dapat memunculkan gejala-gejala, salah satunya sakit waktu menelan, kesusahan mencicipi rasa makanan, serta ada bintik putih di rongga mulut.

[[artikel-terkait]]

Kecuali yang telah disebut di atas, situasi lain seperti luka karena tidak menyengaja menelan suatu hal yang tajam sampai kanker esofagus dapat juga menyebabkan munculnya situasi ini. Hingga, untuk pastikan pemicunya serta pilih perawatan yang sangat pas, Anda dianjurkan untuk memeriksa diri ke dokter.
Diberdayakan oleh Blogger.